Sabtu, 31 Desember 2011

Arti nama bagi saya

Assalamualaikum wr. wb
Bagaimana kabar Teman's sekalian?
Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

Waktu libur telah tiba, 
dan ini saat yang tepat untuk mengisi waktu liburan dengan hal yang lebih bermanfaat.
Yah, Membuat posting di blog.
Dengan ini saya dapat mencurahkan segenap perasaan saya yang tidak bisa saya utarkan secara langsung kepada orang lain. 
Mudah-mudahan posting saya kali ini membawa manfaat yang besar bagi saya dan Teman's sekalian.

Teman's sekalian pernah memikirkan tidak suatu alasan dan latar belakang mengapa orang tua kita memberi nama seperti saat ini?

Hal yang menarik bukan untuk mengetahui arti dan latar belakang mengapa orang tua memberikan kita nama.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, nama memiliki 3 pengertian:
(1) kata untuk menyebut atau memanggil orang (tempat, barang, binatang, dsb)
(2) gelar; sebutan: dikaruniai
(3) kemasyhuran; kebaikan (keunggulan); kehormatan: ia beroleh (mendapat)

Nah, dari beberapa pengertian nama diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa nama adalah panggilan atau sebutan yang memiliki artian yang baik yang mampu mendeskripsikan sesuatu.

Akan tetapi arti nama bagi saya sangatlah luar biasa. Nama adalah harapan serta do'a dari orang tua kepada kita agar kita bisa seperti yang di inginkannya. Nama itu sesuatu yang agung, lambang kebaikan, serta anugerah yang indah yang patut dijunjung tinggi. (asyik dah bahasanya hehehe)

Teman's, suatu ketika di sekolah saya ada sebuah tugas Agama yang mengharuskan murid-muridnya untuk mengetahui arti nama masing-masing beserta alasan dan latar belakang orang tua memberikan nama.


Pada malam harinya saya langsung menemui orang tua saya dan menanyakan beberapa pertanyaan seputar nama saya. Dan berikut adalah rangkuman dari percakapan kami:

Arti nama saya:
secara perkata,
Alfath          : Kemenangan, diambil dari salah satu nama surat di Al-Qur'an
Bagus          : Baik, diambil dari kamu bahasa Indonesia
Panuntun      : Panutan, contoh
El nur           : Cahaya, diambil dari nama depan kedua orang tua saya
Indonesia     : Negara tempat dimana saya dilahirkan

Secara kalimat berarti,
Seorang yang selalu menjadi pemenang dalam seluruh aspek kehidupannya, baik dalam berkata dan bertindak, selalu mejadi contoh bagi seluruh teman-temannya, layaknya cahaya yang selalu dibutuhkan manusia/orang banyak, serta ketika suatu hari nanti dimana saya telah menjadi orang yang hebat, saya tidak pernah melupakan negara saya. (wahhh luar biasa ^-^)

Latar belakang saya diberikan nama adalah,
Keadaan negara ini yang carut marut pada tahun 90-an. Pemimpin negera ini berbuat semena-mena terhadap rakyat, melakukan berbagai tindak KKN, dan berbagai macam penyimpangan lainnya. Setelah itu moral bangsa Indonesia yang bobrok juga menjadi salah satu latar belakang mereka memberikan nama seperti itu.

Setelah saya mengetahui semua itu, saya mengerti bahwa nama memiliki artian yang sangat bagus, indah dan luar biasa. Orang tua memiliki alasan untuk memberikan kita nama.

Akan tetapi saya hanya menyarankan kepada Teman's sekalian. Kalau Teman's sekalian sudah memiliki anak nantinya (wahh, masih lama yah. haha)  berilah anak-anak Teman's sekalian dengan nama yang paling indah, yang berisikan cita-cita Teman's yang belum terealisasikan serta harapan yang maha agung. Insya Allah semua itu adalah do'a dan do'a itu akan diijabah.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Semoga kalian memahami dengan sungguh-sungguh harapan dan doa orang tua kalian pada nama Teman's sekalian.

Wassalamua'laikum wr.wb :D



0 komentar:

Posting Komentar

 
;